Laman

Senin, 28 November 2011

4 Tips Memilih Meja Makan Sesuai Kondisi Ruangan



Jakarta - Salah satu furnitur yang cukup penting di dalam rumah adalah meja makan. Di sinilah, seluruh keluarga bisa menikmati lezatnya masakan rumah sekaligus berkumpul dan mendiskusikan topik-topik ringan.

Untuk itu, pemilihan meja makan yang tepat perlu jadi perhatian jika Anda berencana membelinya dalam waktu dekat ini. Menentukan meja makan tidaklah terlalu sulit, hanya saja ada beberapa hal yang harus Anda cermati. Berikut ini tipsnya, seperti dikutip dari Style List.

1. Perhatikan Material


Jika ingin meja makan yang terbuat dari kayu, pilihlah material kayu keras murni (hardwood) seperti mahogany, walnut, maple, oak atau jati. Jangan yang bersifat komposit atau gabungan, misalnya MDF (Medium Density Fiberboard).

MDF merupakan material dari campuran kayu keras dan halus yang dikompres menjadi bentuk papan. Meskipun tahan lama, tapi tak sekuat dan sekokoh jenis hardwood. Mungkin harganya akan sedikit lebih mahal, namun jika yang Anda cari adalah meja makan yang tahan lama hingga berpuluh-puluh tahun, lebih baik memilih hardwood. Sementara bagi Anda yang kurang suka meja kayu, pilihlah dari bahan metal atau marmer.

2. Ukur Luas Ruangan
Sangat penting untuk mengukur apakah meja makan sesuai untuk luas ruangan Anda, terutama jika ruang makan berukuran kecil. Jangan sampai meja terlalu besar untuk ruangan sempit, atau terlalu kecil untuk ruangan luas. Meja berbentuk persegi panjang yang ditempatkan di ruang sempit akan dengan cepat memakan ruangan dan membuatnya terlihat sempit. Satu hal yang penting, Anda harus bisa berjalan dan bergerak di antara meja dan kursi.

3. Tentukan Bentuk Meja
Ada beberapa aturan dalam menentukan bentuk meja makan yang sesuai dengan ruangan tertentu. Untuk ruangan kecil, pilihlah meja berbentuk oval agar tersedia ruang kosong dan tidak membuat ruangan tampak terlalu 'ramai'. Meja bentuk bujur sangkar lebih cocok untuk ruangan sempit, sementara persegi panjang sebaiknya ditempatkan pada ruangan yang luas. Meja bundar sebenarnya bisa ditempatkan di ruang berukuran apapun, tapi sebaiknya tidak pada tempat yang sempit karena akan membatasi ruang gerak.

4. Periksa Dimensi Meja
Kebanyakan meja makan memiliki ketinggian standar antara 28 - 30 inci. Tinggi meja yang paling nyaman bisa memberi ruang yang cukup di atas lutut dan sejajar dengan siku tangan ketika Anda duduk. Sementara lebarnya, baik itu oval, bujur sangkar, bundar atau persegi panjang memiliki standar lebar 36 inci ke atas, tergantung jumlah orang. Sebagai contoh, meja oval dengan panjang 84 inci, bisa mengakomodasi hingga 10 orang.

take from www.wolipop.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar