Sabtu, 26 November 2011

Jenis Marka Apron Dan Definisinya

Jenis Marka Apron Dan Definisinya

Apron Safety Line Marking
Apron safety line marking adalah garis berwarna merah yang berada di apron dengan lebarnya 0.15 m. Letaknya marka ini adalah di sekeliling pesawat udara. Fungsinya adalah menunjukkan batas yang aman bagi pesawat udara dari pergerakan peralatan pelayanan darat (GSE). Bentuk marka ini seperti pada gambar di bawah ini.
Gambar 1


Keterangan: Batas samping kanan dan kiri Apron Safety Line Marking ditulis atau digambar   dengan memperhatikan Wing Tip Clearance sesuai dengan tabel di bawah ini.
Code Latter
Clearance
A
3 m
B
3 m
C
4,5 m
D
7,5 m
E
7,5 m
F
7,5 m
                                                            Tabel 4.1

Apron Lead-in dan Lead-out Line Making
            Apron Lead-in Lead-out Line Making adalah garis yang berwarna kuning di apron dengan lebar 0,15 m. Fungsinya sebagai pedoman yang digunakan oleh pesawat udara untuk melakukan taxi dari taxiway ke apron atau sebaliknya. Untuk lebih jelasnya seperti pada gambar di bawah ini.
Gambar 2

Aircraft Stop Line Marking
            Aircraft Stop Line Marking adalah tanda berupa garis atau bar berwarna kuning. Letaknya di apron area, pada perpanjangan lead-in berjarak 6 m dari akhir lead-in line. Fungsinya marka ini adalah sebagai tanda tempat berhentinya pesawat udara yang parkir. Bentuk dan ukuran sebagaimana di jelaskan sesuai dengan gambar di bawah ini.

           Gambar 4

Apron Edge Line Marking
            Apron edge line marking adalah garis berwarna kuning yang terletak di sepanjang tepi apron dan berfungsi untuk menunjukan batas tepi apron. Ukuran dari marka ini adalah 0,15 m.


Gambar 5

Parking Stand Number
Parking Stand Number adalah tanda di apron berupa huruf dan angka yang berwarna kuning dengan latar belakang warna hitam yang mempunyai fungsi untuk menunjukan nomor  tempat parker pesawat udara. Bentuk dan ukuran sebagaimana di maksud pada gambar di bawah ini.
1)      Back parking stand number

Gambar 4.6.
2)      In front of parking stand number


Gambar 7

Aerobridge Safety Marking
Aerobridge Safety Marking adalah garis-garis yang berwarna merah yang berbentuk trapezium. Yang berfungsi untuk menunjukkan pergerakan aerobridge (garbarata).terletak dekat dengan aircraft parking stand. Bentuknya sesuai dengan gambar di bawah ini.

Gambar 8 
Equipment parking Area Marking
Equipment parking Area Marking adalah tanda berupa garis yang berwarna putih di daerah apron dengan lebar 0,15 m. Yang mempunyai fungsi sebagai pembatas pesawat udara dengan area yang diperuntukan untuk area parkir peralatan pelayanan darat pesawat udara. Bentuk dari marka ini sesuai dengan gambar di bawah ini.

Gambar 9 
No Parking Area Marking
No Parking Area Marking adalah tanda yang terletak di depan pesawat udara yang berbentuk persegi panjang dengan garis-garis berwarna merah yang tidak boleh digunakan untuk tempat parkir peralatan. Fungsi dari No Parking Area Marking adalah digunakan untuk maneuver towing traktor dan digunakan untuk bila terjadi emergency. Bentuk dari No Parking Area Marking adalah seperti pada gambar di bawah ini.
Gambar 10 
Service Road Marking
Service Road Marking adalah tanda di apron area berupa 2 (dua) garis yang parallel sebagai batas pinggir jalan dan garis putus-putus sebagai penunjuk sumbu jalan, berwarna putih dengan. Fungsi dari Service Road Marking untuk membatasi sebelah kanan dan kiri yang memungkinkan pergerakan peralatan (GSE) terpisah dengan pesawat udara. Bentuk sebagaimana di maksud sesuai dengan gambar di bawah ini dan di sesuiakan dengan kebutuhan operasional.

Gambar 11

Rambu Di Apron

VOR Aerodrome Check Piont Sign
VOR Aerodrome Check Piont Sign adalah rambu yang berupa lambang atau prasasti yang berwarna hitam dengan latar belakang kuning. Rambu ini dipasang bilamana VOR terletak di aerodrome. VOR Aerodrome Check Piont Sign fungsinya menunjukkan radio frekuensi, radial dan jarak ke DVOR. VOR Aerodrome Check Piont Sign diletakkan relative dengan VOR Check Piont Marking sehingga mudah dilihatlihat dari ruang kemudi pesawat. Bentuk seperti gambar di bawah ini berikutnya dan ukuran disesuiakan dengan kebutuhan operasional.

Gambar 12
Keterangan :
·                     Warna    :    Yellow background dan black inscription
·                     Letak      :   Dekat dengan Check-Point
·                     VOR      :    VOR Check Point
·                     166,3      :    Radio Frekuensi
·                     147°       :   Bearing VOR
·                     4,3NM   :   Jarak ke DME

Aircraft Stand Identification Sign
Aircraft Stand Identification Sign adalah ranbu di apron yang berupa huruf dan angka berwarna hitam dan dengan latar belakang warna kuning. Direkomendasikan pencantuman koordinat Aircraft Stand Identification. Fungsi dari rambu ini adalah menunjukan tempat untuk parkir pesawat. Letaknya rambu ini di apron dan tulisannya dapat dibaca dari ruang kemudi. Bentuk dan ukuran huruf dan angka sebagaimana dimaksud pada huruf sesuai dengan gambar di bawah ini.


Gambar 13

Bentuk Aircraft Stand Identification yang disertai dengan koordinat sebagaimana dimaksud pada gambar di bawah ini. Ukuran huruf dan angka koordinat sebagaimana yang tercantum dalam Aircraft Stand Identification, tingginya tidak lebih dari 20 cm.


Gambar 14

Rambu di Apron
Examples of road signs, etc
a.      Directions Sign

Gambar 15

b.       Speed Limit Sign
 Gambar 16

c.       Safety Marking Around Fuel Pit Surface Outlets Of Electrical Power Systems And Value Vaults
         Gambar 17

d.      Crossing Pedestrian
Gambar 18

e.       No Smoking
Gambar 19

f.       Peringatan Ketinggaian pada lorong di bawah tanah atau jembatan

Gambar 20

1 komentar: