Senin, 28 November 2011

Banyak Anak Kurangi Risiko Penyakit Jantung Wanita





MEMILIKI keluarga besar ternyata baik untuk jantung seorang ibu, kata para ilmuwan. Alasannya, hormon kehamilan dapat melindungi pembuluh darah selama bertahun-tahun setelah kelahiran.

Para peneliti menemukan, wanita yang mengalami empat kali atau lebih kehamilan sedikit kemungkinan untuk meninggal akibat penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak pernah melahirkan.

Penelitian dilakukan terhadap hampir 1.300 wanita pascamenopause dari selatan California guna menemukan efek utama pencegahan stroke. Hasilnya, ibu dari sebuah keluarga besar setengah lebih mungkin untuk meninggal akibat stroke dan penyakit jantung.

Peneliti dari University of California, San Diego, mengatakan bahwa tingkat hormon kehamilan yang lebih tinggi memiliki manfaat berkelanjutan pada pembuluh darah seorang ibu.

Selain itu, mereka mengatakan bahwa ibu yang memiliki banyak anak lebih mungkin merasakan dukungan sosial ketika mereka tua dari keluarga besarnya.

"Wanita dalam studi ini memiliki risiko kematian lebih sedikit akibat penyakit kardiovaskular jika mereka memiliki lebih dari empat kali kehamilan,” kata Marni Jacobs, penulis studi yang dipublikasikan dalam jurnal Fertility and Sterility.

Ia menambahkan, mekanisme mengapa hal tersebut terjadi, tidak diketahui. Bisa jadi lantaran kehamilan merupakan cermin kesuburan lebih tinggi pada wanita sehat, efek kontak yang lebih lama terhadap sirkulasi estrogen dan dukungan sosial yang lebih besar dari keluarga.

Studi ini diikuti para wanita antara 1984 dan 1987 dan mereka telah ditindaklanjuti lagi pada 2007. Profesor Donald Peebles, juru bicara Royal College of Obstetricians dan Gynaecologists mengatakan, bahwa sebagian wanita mandul memiliki risiko lebih tinggi terhadap penyakit jantung.

"Kita tahu bahwa wanita yang ingin hamil dan tidak bisa, berada pada risiko lebih besar terhadap penyakit jantung karena kondisi seperti ovarium polikistik," katanya, seperti dilansir Dailymail, Senin (28/11/2011).

Penyakit jantung membunuh pria dan wanita dalam cara yang berbeda dan tidak sepenuhnya dipahami. The British Heart Foundation menyarankan orang untuk berhenti merokok, konsumsi makanan sehat, dan berolahraga secara teratur untuk mengurangi risiko penyakit jantung di kemudian hari. (ftr)
http://lifestyle.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar